Subscribe:

Nursing Science

^^Miracle Is Another Name For Hard Work^^ WELCOME,,MY FRIEND

Labels

Senin, 08 Oktober 2012

Keperawatan Gerontik



FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN LANSIA
(SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN)

A.    Indonesia
1.                 1   Sosial
Pada lansia terjadi perubahan-perubahan psikososial yaitu merasakan ataus adarakan kematian, penyakit kronis dan ketidakmampuan dalam melakukan aktifitas fisiknya. Kesepian akibat pengasingan dari lingkungan sosial, dari segi ekonomi akibat dari pemberhentian jabatan atau pension juga dapat mempengaruhi kesehatan lansia. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko lansia untuk mengalami disablitas dan kematian lebih awal. Dukungan social yang tidak cukup, sangat erat hubungannya dengan peningkatan kematian, kesakitan dan depresi juga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Lansia yang tidak mendapatkan dukungan social yang cukup 1,5 kali lebih besar kemungkinan untuk mengalami kematian pada tiga tahun kedepan dari pada mereka yang mendapatkan dukungan sosial yang cukup.
Oleh karena itu dibutuhkan dukungan sosial yang tinggi ,memiliki perasaan yang kuat bahwa individu tersebut dicintai dan dihargi. Lansia dengan dukungan sosial yang tinggi merasa bahwa orang lain peduli dan membutuhkan individu tersebut, sehingga hal itu dapat mengarahkan individu kepada gaya hidup yang sehat.

2.      Ekonomi
Faktor ekonomi sangat mempengaruhi kesehatan lansia. Pada lansia secara umum yang memiliki pendapatan sendiri cenderung menolak bantuan orang lain, sedangkan lansia yang tidak memiliki pendapatan akan menggantungkan hidupnya pada anak atau saudaranya. Lansia yang tidak memiliki cukup pendapatan meningkatkan risiko untuk menjadi sakit dan disabilitas. Banyak lansia yang tinggal sendiri dan tidak mempunyai cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini dapat mempengaruhi mereka untuk membeli makanan yang bergizi, rumah yang layak, dan pelayanan kesehatan. Lansia yang sangat rentan adalah yang tidak mempunyai asset, sedikit atau tidak ada tabungan, tidak ada pensiund an tidak dapat membayar keamanan atau merupakan bagian dari keluarga yang sedikit atau pendapatan yang rendah.
3.      Lingkungan
Perhatian spesifik harus diberikan pada lansia yang hidup dan tinggal di pedesaan dimana pola penyakitdapat berbeda tergantung pada kondisi lingkungan dan keterbatasan ketersediaan pelayanan pendukung. Urbanisasi dan migrasi untuk mencari pekerjaan membuat lansia semakin terisolasi di pedesaan dengan keterbatasan bahkan ketiadaan akses untuk pelayanan kesehatan.
Akses dan ketersediaan transportasi umum dibutuhkan baik di kota maupun di pedesaan sehingga orang dengan segala usia dapat berpartisipasi secara penuh di keluarga dan kehidupan masyarakat. Ini sangat penting untuk lansia yang memiliki masalah mobilitas. Risiko-risiko pada lingkungan fisik menyebabkan kelemahan dan cidera yang menyakitkan di antara lanjut usia. Cidera dari jatuh, terbakar, kecelakaan lalu lintas adalah yang paling sering (WHO, 2002).
Air yang bersih, udara yang bersih dan makanan yang aman terutama sangat penting untuk sebagian besar kelompok usia rentan dan mereka yang mempunyai penyakit kronisdan system kekebalan yang menurun.
B.     Islam
1.      Faktor Sosial Ekonomi
Agama Islam memandang lansia dengan pandangan terhormat sebagaimana perhatiannya terhadap generasi muda. Agama Islam memperlakukan dengan baik para lansia dan mengajarkan metode supaya keberadaan mereka tidak dianggap sia-sia dan tak bernilai oleh masyarakat. Dukungan terhadap para lansia dan penghormatan terhadap mereka adalah hal yang ditekankan dalam Islam. Nabi Muhammad Saw bersabda, “penghormatan terhadap para lansia muslim adalah ketundukan kepada Tuhan”. (http://indonesian.irib.ir).
Dalam Islam, penuaan sebagai tanda dan simbol pengalaman dan ilmu. Para lansia memiliki kedudukan tinggi di masyarakat, khususnya bahwa lansia adalah harta dari ilmu dan pengalaman, serta informasi dan pemikiran. Oleh sebab itu, lansia harus dihormati, dicintai dan diperhatikan serta pengalaman-pengalamannya harus dimanfaatkan. Nabi Muhammad Saw bersabda, “hormatilah orang-orang yang lebih tua dari kalian dan cintai serta kasihilah orang-orang yang lebih muda dari kalian”. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat berkewajiban memperhatikan kondisi para lansia.
Mereka yang beragama Islam aktif dalam perkumpulan keagamaan, seperti Yasinan yang dilakukan tiap minggu dan pengajian setiap bulan. Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh orang lanjut usia saja. Tetapi juga dihadiri oleh bapak/ibu yang masih muda, dan pra lanjut usia. Mereka berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan ini didukung teori pertukaran sosial dimana mereka melakukan kegiatan yang cara pencapaiannya dapat berhasil jika dilakukan dengan berinteraksi dengan orang lain (Gulardi, 1999). Lebih lanjut dijelaskan bahwa Kondisi penting yang menunjang kebahagiaan bagi orang lanjut usia adalah menikmati kegiatan sosial yang dilakukan dengan kerabat keluarga dan teman-teman (Hurlock, 1994). Kemajuan sosio-ekonomi, yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memperpanjang usia harapan hidup.
Sebuah penelitian menyatakan bahwa lansia yang lebih dekat dengan agama menunjukkan tingkatan yang tinggi dalam hal kepuasan hidup, harga diri dan optimisme. Studi lain menyatakan bahwa praktisi religius dan perasaan religius berhubungan dengan sense of well being, terutama pada wanita dan individu berusia di atas 75 tahun (Koenig, Smiley, & Gonzales, 1988 dalam Santrock, 2006). Studi lain di San Diego menyatakan hasil bahwa lansia yang orientasi religiusnya sangat kuat diasosiasikan dengan kesehatan yang lebih baik (Cupertino & Haan, 1999 dalam Santrock, 2006).
Hasil studi menyebutkan bahwa aktivitas beribadah atau bermeditasi diasosiasikan dengan panjangnya usia (McCullough & Others, 2000 dalam Santrock, 2006). Hasil studi lainnya yang mendukung adalah dari Seybold&Hill (2001 dalam Papalia, 2003) yang menyatakan bahwa ada asosiasi yang positif antara religiusitas atau spiritualitas dengan well being, kepuasan pernikahan, dan keberfungsian psikologis; serta asosiasi yang negatif dengan bunuh diri, penyimpangan, kriminalitas, dan penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang. Hal ini mungkin terjadi karena dengan beribadah dapat mengurangi stress dan menahan produksi hormon stres oleh tubuh, seperti adrenalin. Pengurangan hormon stress ini dihubungkan dengan beberapa keuntungan pada aspek kesehatan, termasuk sistem kekebalan tubuh yang semakin kuat (McCullough & Others, 2000 dalam Santrock, 2006). Agama dapat memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang tua (Mcfadden, 1996).
2.      Factor lingkungan
Lingkungan memiliki pengaruh besar bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Agama Islam memiliki perhatian khusus terhadap masalah lingkungan. Rasulullah bersabda, "Alam dan seluruh tanah di muka bumi adalah masjid dan tempat ibadah". (http://indonesian.irib.ir). Aspek lingkungan yang dipengaruhi kualitas dan keterjangkauan sarana kesehatan, keadaan tempat tinggal, sumber finansial, serta kesempatan rekreasi pada lansia juga akan mempengaruhi kesehatan lansia. Sebagai contoh, bila di daerah lansia itu tinggal sulit diakses pelayanan kesehatan karena jauhnya jarak atau medan yang tidak bersahabat, hal ini akan menghambat lansia mendapat pelayanan kesehatan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatanya.
Contoh lain, lingkungan tinggal yang mendukung aktivitas keagamaan, atau anggota masyarakat yang islami atau keterjangkauannya tempat-tempat ibadah hal ini akan mendukung peningkatan perkembangan spiritualitas lansia menjadi lebih matang.  Pada akhirnya membantu lansia untuk menghadapi kenyataan termasuk dampak dari penuaan fisik yang dialami, dan mengahadapi kenyataan tersebut. Sehingga lansia dapat berperan aktif dalam kehidupan
C.    Di Beberapa Negara Maju
-       Amerika Serikat

Hasil penelitian di Amerika serikat mengungkapkan bahwa populasi penduduk yang berusia 64 tahun atau lebih mengalam peningkatan yaitu dari 37 juta pada 2006 menjadi 71,5 juta pada 2030. Menurut laporan 2,3 juta lansia Amerika menglami kemiskinan, untuk itu pemerintah Amerika meyediakan Asuransi Kesehatan Medicare untuk memudahkan lansia ke pelayanan kesehatan.  Selain factor ekonomi factor social juga berperan  penting di Amerika, penduduk lansia memiliki strata sosial di bawah kaum muda. Selain itu, factor lngkungan juga berperan penting, karena pertumbuhan industri di Amerika sangat tinggi sehingga risiko terpapar panas, mikroba dan polutan lainnya juga sangat tinggi untuk setiap penduduk termasuk lansia. Untuk mengatasi hal tersebut Amerika memiliki Environmental Protection Agency (EPA) mengatasi masalah air, climte change, emergencies, green living, health and safety, land and cleanup, pesticides, chemicals, and toxics, waste, and water.

-            Kanada
Pendapatan rata-rata untuk pria dan wanita usia 55 dan menurun. Penelitian di kanada menunjukkan bahwa lansia miskin/pendapatan yang menurun menunjukkan hubungan yang kuat dengan status sosial ekonomi, misalnya, tahun 1979 kanada survei kesehatan mengungkapkan bahwa di antara wanita yang berusia 70 dan atas, tingkat peradangan kronis hipertensi adalah dalam tertinggi kelompok sosial-ekonomi terendah dan tertinggi di antara orang-orang di kelas sosio-ekonomi. Selain itu, Orang-orang memiliki  pendapatan rata-rata terendah adalah dua kali lipat untuk meninggal  antara 65 dan 70 tahun sebagai orang dalam tertinggi laba bersih kelompok. Studi lain telah menunjukkan bahwa angka harapan hidup  dari orang yang hidup di garis kemiskinan yang lebih pendek dengan sembilan tahun dari mereka memiliki tetangga yang kaya. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Kanada memberikan jaminan kesehatan pada lansia dengan mengalokasikan dana sekitar 13,3 milyar. Selain factor ekonomi, faktor lingkungan memagang peranan penting, Negara maju memiliki industry yang maju pula sehingga resiko terpapar akibat lingkungan juga berisiko tinggi mengganggu kesehatan lansia.
-       Jepang
Masalah social ekonomi dan lingkungan di jepang juga menjadi masalah terhadap kesejahteraan lansia. Namun demikian,  Jepang menyediakan asuransi kesehatan nasiona yang mencakup hamper seluruh penduduk termasuk lansia, pada umumnya mereka membayar 70% dari biaya medis kecuali 30% untuk anak-anak dan lansia.  Namun , angka kejadian bunuh diri lansia akibat depresi tetap tinggi di jepang merasa kesepian serta tidak mendapat perhatian dari anak-anak mereka.
-          Australia
Secara empirik, pembangunan nasional (sosial-ekonomi) yang sedang berjalan serta keadaan lingkungan sekitar juga memiliki kontribusi dalam bidang kesehatan masyarakat. Indikatornya tampak jelas dengan menurunnya angka kematian dan penyakit menular, yang diikuti pula meningkatnya angka harapan hidup.
Selama bertahun-tahun, negara Persemakmuran Australia telah melaksanakan banyak program yang bermanfaat bagi warga negaranya. Sebagai hasilnya, rakyat Australia secara umum menikmati standar hidup yang tinggi, kesehatan yang baik, dan sistem perawatan medis yang terbaik. Pemerintah mendanai banyak pelayanan medis dan farmasi di banyak rumah sakit umum maupun tempat perawatan lansia. Pemerintah Australia juga merupakan sumber dana utama bagi penelitian kesehatan dan pelatihan tenaga ahli dan teknisi di bidang perawatan kesehatan. Di australia orang lansia juga lebih diperhatikan. Mereka dapat menikmati layanan publik di tengah keterbatasan fisik yang dialami. Kebijakan terhadap orang lansia ditangani langsung oleh lembaga setingkat kementerian, seperti Departemen Kesehatan dan Lanjut Usia Australia. Program pemerintah australia sendiri mengalokasikan 1,2 milyar dolar untuk meningkatkan staff perawatan manula dan disediakan 270-juta dolar untuk penanganan dementia. Dengan fasilitas tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan derajat kesehatan lansia di negara tersebut.


-          Singapura
Singapura untuk meningkatkan pelayanan sosial bagi kesejahteraan lanjut usia, fasilitas yang memadai dan ditunjang tenaga profesional sangat mendukung untuk  meningkatkan Pelayanan dan pemberdayaan Lanjut Usia. Tsao Foundation (Hua Mei Center) merupakan UPT  khusus lanjut Usia dengan ekonomi menengah keatas dengan fasilitas seperti rumah sakit, memiliki visi “ we envision a society for all ages that supports aktive ageing and values the contributions of older people. Sama halnya dengan Hua Mei Center, National Council of Social Service (NCSS) merupakan UPT yang berfocus pada adding colours to the lives of seniors, forgetfull but not forgetten, help for those help others, going beyond basic care memiliki sarana penunjang bagi kesejahteraan lanjut usia. Dengan sarana dan prasarana yang memadai tersebut pasti akan meningkatkan derajat kesehatan lansia di negara tersebut.

Daftar Pustaka

Murata , Chiyoe  dkk . 2010. Barriers to Health Care among the Elderly in Japan www.ncbi.nlm.nih.gov/.../PMC2872  diakses tanggal 3 Oktober 2012

Nancy Miller Chenier Political And Social Affairs Division. The Health of The Canadian Elderly. www.publications.gc.ca/...r/.../bp351-e.html  Diakses Tanggal 3 Oktober 2012
Smith, Darrel. 2003. America’s Coming of Age.
Who. 2004. Health Of Eldrly and South-East Asia. www.searo.who.int/.../section1171_ Diakses Tanggal 2 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

CursorLove